Teknologi berkembang begitu cepatnya, demikian pula dengan sepeda motor. Saking cepatnya maka kita akan tertinggal jauh kalau kita masih harus oper gigi.
Menyadari hal itu kini produsen sepeda motor nasional telah meluncurkan sepeda motor matic dengan teknologi CVT (continous variable transmisi) yang menawarkan teknologi tanpa oper gigi sehingga sepeda motor praktis untuk digunakan.
Tetapi dibalik kepraktisan itu, sepeda motor matic perlu perawatan-perawatan khusus. Kalau motor sudah mulai rewel, bisa jadi karena kelalaian Anda yang tidak rutin merawatnya. Perawatan motor matik berbeda dengan motor biasa, kalau perawatan motor biasa hanya memperhatikan karburator sedangkan motor matik selain memperhatikan karburator yang penting juga klep dan V.Belt. Spare part motor matik harganya lebih mahal sebaiknyak konsumen rutin menyervis motornya secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor Yamaha Mio Anda senantiasa tampil prima, diantaranya :
• Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, cek filter udara. Lakukan perawatan di bengkel resmi missal YACS untuk Yamaha atau AHASS untuk Honda.
• Perhatikan V.Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
• Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
• Servis karburator tiap 2 bulan sekali.
• Ganti busi tiap 7.000 km.
• Sebaiknya servis motor di bengkel resmi, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
• Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
• Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
• Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.
• Untuk type sepeda motor yang masih menggunakan accu konfensional (aki basah) periksa ketinggian air aki tiap minggu.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca buku petunjuk perawatan atau silahkan konsultasi ke mekanik secara langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.