Rabu, Februari 16, 2011

Tata Nano Diesel 1 Liter untuk 40 Km?


TEMPO Interaktif, New Delhi – Volkswagen mengkalim tengah menyiapkan VW Up Blue E-Motion yang bisa mengkonsumsi bahan bakar 1 liter untuk 40 kilometer.
Ternyata Tata Nano tak mau kalah. Pabrikan asal India tersebut disebut tengah membangun mesin diesel untuk Tata Nano baru yang juga mengkonsumsi bahan bakar 1:40 liter/km!

Laman IndianCarsBikes seperti dikutip autoevolution.com melaporkan Tata Nano membangun sebuah mesin yang paling hemat yang pernah ada. Kabarnya, mesin baru yang tersebut merupakan pengembangan dari mesin diesel IDI pada Tata Ace yang setengah blok mesinnya diambil dari Tata Indica. Mesin ini diklaim akan sangat cocok dengan kondisi lalu lintas perkotaan di India yang padat.
Bukan kali ini saja Tata membuat heboh. Sejak awal tahun ini, kabar mengenai mesin diesel baru milik Tata memang sudah bocor ke media. Nano baru disebutkan menggunakan mesin 2 cylinder turbocharged CRDi dengan kapasitas 600-700 cc. Namun menghasilkan tenaga 20-30 persen lebih tinggi dari mesin yang berkapasitas sama.
"Mesin ini akan memiliki kapasitas antara 600-700 cc seperti versi bensin. Harganya kemungkinan berkisar sama dengan model tertinggi bensin saat ini," tulis the Times of India pertengahan Januari lalu. Dengan demikian, Nano bensin ini akan berada di harga kisaran US$ 4.000 sampai US$ 4.900 atau sekitar Rp 35,64 juta sampai Rp 43,65 juta.
Sayangnya, tak ada informasi lain dari Tata. Mereka menyebut masih terlalu dini untuk membicarakan spesifikasinya, termasuk juga kapan pabrikan India ini akan merilis Tata Nano diesel irit BBM ini ke pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.