Senin, Mei 25, 2009

Fatwa haram Facebook dan Friendster

Masih segar dalam ingatan kita tentang fatwa haram 'golput'. Fatwa yang menurut saya tidaklah tepat karena sistem demokrasi itu sendiri meragukan kehalalanya.

Sekarang ada lagi fatwa yang menurut saya sangat ngawur 'Fatwa haram Facebook dan Friendster'. Fatwa yang menurut saya tidaklah mempunyai dasar dan alasan yang kuat.
Dari segi mana mereka melihat keharaman Facebook maupun Friendster. Facebook dan Friendster bukan tempat judi, jagal babi ataupun lokalisasi. Disini tempat tukar informasi dan menjalin tali silaturahmi serta sarana komunikasi. Facebook misalnya, kita bisa mencari teman SMU yang entah dimana keberadaanya. Kita juga bisa bertukar pengalaman dan Informasi dengan orang orang yang sehobi atau seprofesi lewat grup grup yg ada disitu. Dari situ jelas jika fatwa itu jelas jelas sebuah kontraversi.
Sebagai seorang Muslim saya pribadi sangat kecewa terhadap fatwa tersebut. Kenapa mereka memfatwakan haram Facebook dan Friendster. Kenapa mereka tidak memfatwakan haram pengrusakan lingkungan, anarkisme, kemusrikan terselubung dan penindasan saja.
Banyak fenomena yang tidak sesuai dengan hukum maupun moral islam, tapi sudah dianggap lumrah tanpa fatwa haram para ulama. Penggusuran paksa tanpa kompensasi dan Pengrusakan lingkungan misalnya, belum lagi tentang acara acara adat yang banyak mengandung ajaran animisme maupun dinamisme.
Diharapkan para ulama dinegri ini tidak gampang mengeluarkan fatwa, karena ditakutkan justru akan semaking membuat masyarakat tidak mempercayai ulama itu sendiri.

5 komentar:

  1. Setuju sama kang mudhy :)/
    Kalo menurutku, penentuan halal dan haram tu dinilai dari manfaat dan mudharatnya, bila lebih besar manfaatnya InsyaAllah halal, sedangkan bila lebih banyak mudharatnya InsyaAllah haram.
    Barang halal bisa menjadi halal bila kita mengkonsumsi/menggunakannya secara berlebihan dan tidak efisien, contoh : makan nasi halal, tapi kalo kita makan berlebihan sampai muntah, padahal banyak tetangga kita yg kelaparan, pasti ... nilai sendiri deh..
    Sebaliknya.. Alkohol, bila dikonsumsi utk bersenang2 ato mabok2an pasti haram, tapi bila alkohol dipakai sebagai obat atau penyeteril, tentu saja bisa menjadi halal

    Mengenai Facebook dan FS, saya kira nggak jauh beda dg nge-Blog, bila kita memanfaatkannya utk hal yg positip, kurasa bukan haram, tapi bila kita menggunakannya utk hal yg negatif, misal mempermainkan orang lain, gambling, dsb, ... gak usah dijelasin lagi deh.. pasti kamu bisa bedakan

    BalasHapus
  2. wah.. ulasannya jgn memojokkan ulama gt donk mas.. amirul qt skrg tu ya ulama.. jd qt jg harus bs menghargai keputusan2/fatwa mereka..
    soal facebook haram, mnrt saya bnyk dr kita yg menjadi salah kaprah..

    saya yakin sekali maksud merkea itu adalah penggunaan drpd situs pertemanan itu sndri.. skrg dg smakin brtambahnya pengguna muda, facebook jd srg disalahgunakan...

    mgkn mrka khawatir akan merusak generasi muda islam,
    coba dibaca dahulu sejarah bos facebook. dy adalah seornag yahudi yg aktif di organisasi yahudi.. saya yakin ini merupakan slh satu cara utk membelah umat islam...

    bknnya saya ikut2an mengharamkan facebook, dll. saya jg seorang pengguna facebook aktif mas.. tp plg gak kta waspada, teliti dan tdk menyalahgunakannya. smg mas paham dgn maksud saya.. saya hny ingin memaparkan yg ada, bknnya ingin memojokkan Anda.. terimakasih

    BalasHapus
  3. Bukan maksud Saya memojokkan, tapi soal Facebook itu soal perkembangan teknologi dan itu sudah jelas hukumnya mubah, seperti televisi dan penggunaan pengeras suara untuk adzan. Tidak memandang itu buatan siapa, hukum barang tersebut adalah mubah jadi bisa haram atau halal tergantung si pengguna. Sedang banyak hal2 yang jelas2 sangat meresahkan masyarakat tetapi tidak atau belum kunjung difatwa haram. Mungkin tidak usah disebut kita sudah tau sendiri tentang Sinetron, Reality show, Gosip atau acara2 yang melibatkan balita sebagi obyeknya. Sangat disayangkan mengapa yang seperti itu masih halal untuk ditonton, sedang Facebook diharamkan?

    BalasHapus
  4. embuh kang,aku no komen wae...golek cewek yuk?...hahahaha

    BalasHapus
  5. Blognya keren...baru sempat kunjung balik nich..Padahal sobat lama. Keep spirit aja yach. nitip link boleh kan.

    Best Design Of Indonesian Furniturehttp://neogeckojogjakarta.com

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.