Senin, Desember 21, 2009

INTERNET CEPAT DAN MURAH DENGAN MICROEMULATOR

Sering kita dibuat jengkel dengan koneksi internet yang "ngebet banget" padahal biaya mahal, apalagi jika quota sudah habis dan kecepatanya terjun ke angka 64 kbps
, alhasil kita hanya disuguhi titik yang muter muter di browser Firefox atau cacing balap jika pakai Google Chrome, serasa komputer pingin dibanting. tapi itu dulu, sekarang kita bisa menggunakan Opera Mini atau Opera Mini Modif yang biasa dipasang di HP. keunggulanya loading cepat dan murah seperti saat dipakai di HP. Tapi apakah komputer kita bisa dipasangi aplikasi berformat Java? jawabanya dengan sedikit usaha pasti bisa. dan pada posting kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang itu.

untuk menggunakan Opera Mini di komputer maka anda bisa mengikuti langkah langkah berikut ini

langkah pertama agar komputer kita bisa membaca file java adalah dengan measang Java Runtime Enviroment (JRE), jika pada komputer anda belum terpasang, silahkan download DI SINI dan instal, jika link tersebut tidak bisa dibuka coba YANG INI. konon pada Ubuntu/Linux, piranti ini sudah tepasang. ukuran filenya sekitar 15,6 MB jadi diperlukan sedikit kesabaran. bisa ditunggu sambil ngopi, nyuci atau telepon pacar dulu.

Langkah berikutnya adalah download Microemulator DI SINI Atau DI SINI. agar mudah diingat ekstrak filenya ke folder tertentu, misal seperti punya saya di C:/Program Files/microemulator-2.0.2 (yang saya download berupa file zip)

Download Opera Mini DI SINI atau dimana saja boleh, asal yang di download opera mini jad dan jar.
Simpan file di folder apps microemulator (C:/Program Files/microemulator-2.0.2/apps)
Memulai dan konfigurasi:
double-click "microemulator.jar". atau ketik "java -jar microemulator.jar" di console (Command Prompt).
lalu ke "Options > Select device", klik "Add...", terus ke "microemulator\devices" pilih "microemu-device-resizable.jar"
pilih "Resizable device" lalu "Set as default"
klik "Resize" dan masukan ukuran yang kita inginkan (misal sesuai ukuran monitor anda)
lalu klik "File > Open JAD" pilih opera mini jad yang tadi kita download
"Opera Mini" muncul di daftar, klik "Start" untuk meluncur ke dunia dunia maya (bukan dunianya mbak Maya lho, apalagi dunia suku Maya).

Langkah tambahan agar bisa save page dan download via Opera Mini:
Buat shortcut untuk microemulator.jar dengan cara klik kanan -> create shortcut
Klik kanan shortcut tersebut - Properties -timpa field targe dengan : C:\WINDOWS\system32\java.exe -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar org.microemu.app.Main --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem org.microemu.examples.fcview.FCViewMIDlet apps\mini.jad
edit file config2.xml di C:/Documents and Settings/usernamekita/.microemulator/config2.xml menggunakan text editor (misal notepad / notepad++ dll)
tambahkan baris-baris berikut sebelum
</config>
:
<extensions> <extension> <classname>org.microemu.cldc.file.FileSystem</ className> <properties> <property VALUE="C:\" NAME="fsRoot"/> </properties> </extension> </extensions>
Save
Jalankan microemulator dengan klik dua kali pada shortcut yang tadi dibuat
dan selamat bersenang senang. Lihat di menu, sudah ada fitur save web page pada saat membuka halaman web.

untuk yang paham opera mini modif yang buat gratisan, cara seting proxynya bisa dengan cara:
Edit config2.xml di C:/Documents and Settings/usernamekita/.microemulator/config2.xml
<config>
...
<system-properties>
<system-property name="http.proxyHost" value="webcache.mydomain.com"></system-property>
<system-property name="http.proxyPort" value="8080"></system-property>
<system-property name="http.nonProxyHosts" value="localhost"></system-property>
</system-properties>
...
</config>

ganti webcache.mydomain.com dengan proxy kita dan 8080 dengan port proxy yang kita gunakan.
Percantik Shortcut:
Rename shortcut jadi Opera Mini.lnk
klik kanan shortcut -properties - Change Icon - Browse - Cari icon Opera desktop (misal di C:/Program Files/Opera)- pilih - lalu apply

11 komentar:

  1. postingan yang bagus :idea: tapi sayang aku mumet baca nya karena banyak rumus yang aku gak tahu. Maklum aja gak tahu & gak mengerti bahasa program, kaya'nya jelimet. :mrgreen:

    BalasHapus
  2. Begini saja, download JER trus instal, terus download Microemulatornya, trus instal. Nah pas download opera mini simpan di folder microemulator - app. . Sudah sampe disitu microemulator sudah bisa dipakai kok.

    BalasHapus
  3. keren bro artikelnya....... thanks ya..... doakan biar bisa berhasil di installl di komputerku.

    BalasHapus
  4. sayange au gak duwe komputer,duwene mung hp jadul wae,,wakakakakakkkkkkkk..

    BalasHapus
  5. sayange au gak duwe leptup kang,,duwene hp jadul wae,,wakkkkk

    BalasHapus
  6. edit shortcut target'a di jelasin dunk itu nulis'a d gabung semua atau ada spasi'a d mana aj,bingung neh gagal mlulu..ak edit kok malah g bs d buka shortcut'a,panjang bngtz seh soal'a..!!

    BalasHapus
  7. Caranya spy bs main poker fb gmn bro?

    BalasHapus
  8. krn bgt gan, tapi susah buat shortcut ama config2.xml nya karena hrs ngetik byk terkadang ampe salah (aku buka artikel ini lewat hp jadi gak bisa di copy paste), kalo bisa diupload deh shortcut ama config2.xml nya ke mediafire please ! Kan sizenya juga kecil kan

    BalasHapus
  9. he he maaf lama gak online, wah kalau ditulis satu2 susah tuwh, mending langsung copy/paste aja

    BalasHapus
  10. terimakacih resepnya,jangan lupa kunjungi kita...ya

    BalasHapus
  11. hahahah sukses

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.