Senin, Januari 17, 2011

TRANSMISI SYNCRONMESH

Sering kita mendengar tentang transmisi syncronmesh yang diaplikasikan pada gearbox mobil, tapi apakah syncronmesh itu?

Topik untuk kali ini adalah fungsi syncromesh pada transmisi. Synchromesh digunakan pada transmisi untuk mobil, jadi artikel ini khususnya hanya membahas transmisi mobil saja. Sejauh pengetahuan saya belum ada sepeda motor yang menggunakan synchromesh pada transmisi dengan alasan keterbatasan tempat, karna transmisi syncronmesh memerlukan lebih banyak komponen dibanding model sliding gear yang banyak dipakai untuk sepeda motor. Sebelum mengetahui fungsi synchromesh , maka pertama kali kita harus mengenal dulu synchromesh.Untuk perhatikan gambar di bawah ini !


Inilah gambar dari synchromesh , bentuknya menyerupai cincin yang terbuat dari bahan kuningan . Synchromesh ini dibuat dari bahan yang lebih lunak dari komponen – komponen transmisi lainnya , sehingga komponen ini dibuat lebih mudah rusak agar tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. Tujuan pembuatan synchromesh dari kuningan adalah karena harga synchromesh yang jauh lebih murah dibandingkan dengan komponen – komponen transmisi yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan atau keausan , maka synchromesh akan lebih mudah rusak dan aus , sehingga pergantian komponennya tidak terlalu mahal.

Synchromesh dipasangkan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi. Jumlah synchromesh tergantung pada jumlah gigi – gigi pada tranmsisi , atau tergantung pada jumlah tingkat percepatannya. Jika transmisi itu memiliki 4 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya adalah 4 buah. Jika transmisi itu memiliki 5 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya ada 5 buah , karena biasanya untuk gigi mundur menggunakan sistem sliding gear yang lumrah dipakai pada sepeda motor.


Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi , yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan gigi ke gigi satu , maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan , maka poros dalam tranmsi dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi , maka pedal kopling akan diinjak , sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi , yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju. Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya.

10 komentar:

  1. apakah putaran gigi percepatan selalu sama dengan SYNCRONIZER RING???

    BalasHapus
  2. tidak mas, karena fungsi sincronmesh ring itu untuk menyeimbangkan putaran, jadi syncronmesh ring itu putaranya tidak konstan. tergantung putaran drive gear dan putaran driven gear.

    BalasHapus
  3. berapa harga satu sincronmesh mas?

    BalasHapus
  4. Berapa sih harga dr sinkromesh itu

    BalasHapus
  5. Pernh denger 100rb/pcs kw ,ori 600rb/pcs untuk mazda familia97-99.maaf ini info perkiraan benkel..bkn asli hrga resmi

    BalasHapus
  6. kalau untuk hino lohan berapa duit

    BalasHapus
  7. kalau untuk hino lohan berapa duit

    BalasHapus
  8. Klu untuk cevrolet lova brp mas harga sincromes

    BalasHapus
  9. Klu untuk cevrolet lova brp mas harga sincromes

    BalasHapus
  10. kalo untuk starlet 92 ada gan?bisa mta no tlp

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.