Kamis, Juni 04, 2009

Membuat Operamini Modif Sendiri

Mungkin kita sudah akrab dengan opera modifikasi, bahkan mungkin sebagian dari kita juga sudah menggunakan aplikasi.

Opera modif memiliki kelebihan yang tidak bisa kita dapatkan pada Opera mini standar, seperti copy/paste halaman, expor dan impor halaman, multi windows dan masih banyak lagi. Bahkan untuk yang suka bereksperimen opera modif bisa digunakan untuk ngenet gratis dengan mengubah server dan Proxy HTTPnya.

Untuk mendapatkan Opera modif pun begitu mudah karena banyak situs situs yang menyediakan opera modifikasi berbagai versi dan kebanyakan gratis. Kita tinggal mencari di Google Search.
Tapi sebenarnya kita juga bisa membuat opera modif dengan logo dan nama kita sendiri. Seperti contohnya anda bisa lihat hasil kreasi saya
Untuk membuat opera modif sendiri tidaklah sulit. Pertama kita siapkan logo kita di album online, untuk lebih mudahnya kita bisa simpan di my Opera jika belum mempunyai acount my Opera anda bisa buat dulu, mudah kok. Kita bisa menyimpan logo kita di album foto, tapi harap di ingat format gambarnya harus PNG.
Setelah kita mempunyai logo di album online, sekarang kita coba membuat opera modif sendiri. Silahkan Create your Opera ikuti link tersebut dan jangan bingung ya, memang bahasanya Rusia, sebenarnya saya sendiri juga tidak mudheng blas bahasa Rusia, tapi kita modal nekat saja ya. Untuk halaman pertama kita memilih versi opera yang kita inginkan, saya sarankan anda memilih opera versi 3.10 atau 3.11 karena untuk memasang logo kita sendiri hanya versi tersebut yang suport. Untuk halaman berikutnya kita memilih antara varian dari versi 3.
Halaman berikutnya pada baris paling atas adalah menentukan nama file, contoh Opera Dolphin, baris kedua pilihan fitur yang dipakai lebih baiknya silahkan ditandai semuanya. Baris ke tiga adalah pemilihan format file, posisi mark lebih baik di posisi paling atas. Sedang baris terakhir adalah pemilihan bahasa, nah kalau ini mending pakai bahasa Indonesia.
Setelah itu kita ke halaman berikutnya menampilkan pilihan mode teks.
Pada halaman selanjutnya ada 7 baris. yang perlu kita ubah adalah pada baris 6 atau pilihan logo, disini ada 13 pilihan logo dan satu custom logo atau logo kita, pindah posisi tanda ke no 14 dan masukkan URL logo yang kita simpan di album my Opera tadi (ingat format file harus PNG). Dan pada baris ke 7 tempatkan tanda ke nomer 17 dan masukkan lagi URL logo seperti tadi, format file sama dan kita juga bisa memasukkan url yang sama seperti diatas. Setelah selesai silahkan ke halaman berikutnya.
Di halaman ini kita dihadapkan pada jenis file yang akan kita download, link yang atas untuk format file .jad sedang link yang bawah untuk File .jar. Nah opera modifikasi kreasi kita sendiri sudah siap untuk di download.

Silahkan mencoba dan jangan takut gagal, karena ketakutan akan gagal menghambat kita untuk maju.

4 komentar:

  1. lam kenal bos, blog nya bagus bos jadi iri aku nih he..

    BalasHapus
  2. Tanks, biasa aja kok, gk ada yg istimewa dari blog ini.

    BalasHapus
  3. mantap mas..!
    siap di cobain,

    maturnuwun..

    BalasHapus
  4. Klo untuk versi 4.2 bsa di edit gk?

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.