Jumat, Januari 21, 2011

TUJUAN MEMANGKAS NOKEN AS

Dalam dunia balap motor sering kita dengar istilah memangkas noken as (camshaft), tapi taukah anda apa saja yang perlu diperhatikan dalam memangkas noken as?

tujuan dari memapas noken as adalah untuk mendapatkan akselerasi yang lebih baik dan kecepatan sepeda motor dapat lebih meningkat. Banyak para modifikasi sepeda motor melakukan pemapasan noken as untuk mendapatkan tujuan tersebut.
Namun tak semua hasilnya sempurna , karena kadang terjadi hal – hal yang tidak diinginkan , misal mesin menjadi berisik , dan sebagainya dan durasi buka tutup katup yang tidak tepat. Untuk memahami dampak pemapasan noken as tersebut , maka mari kita mencoba mempelajarinya.

Jika kita membongkar sepeda motor , khususnya membongkar kepala silinder sepeda motor 4 tak (karena motor 2 tak tidak menggunakan noken as, kecuali ada yang iseng memakai untuk gantungan kunci). Cobalah Anda memutar noken as dengan tangan, bagaimana rasanya ? Pastinya sangat berat, karena ketika anda memutar noken as , maka noken as akan menekan rocker arm untuk menekan katup agar membuka saluran masuk atau saluran buang, tergantung pada rocker arm dan katup yang ditekan ( hisap atau buang ) . Penekanan katup ini akan melawan gaya pegas dari pegas katup yang sangat berat.


Jadi bila Anda memapas noken as , maka Anda akan mengurangi tonjolan atau cam dari noken as tersebut , yang berakibat tenaga untuk memutar noken as menjadi lebih ringan. Dan mesti Anda ketahui , bahwa yang memutar noken as pada saat mesin hidup adalah poros engkol, sehingga poros engkol akan mendapatkan perlawanan dari beratnya memutar noken as tersebut. Dengan memapas noken as , maka poros engkol tidak akan terlalu berat dalam memutar noken as , sehingga akselerasi sepeda motor dan kecepatan sepeda motor Anda pasti akan meningkat.

Tapi itu bukan tujuan utama memangkas noken as karena ada yang lebih penting yaitu durasi buka tutup katup. Kenapa lebih penting? Karena durasi buka tutup katup inilah yang menentukan jumlah dan ketepatan campuran bahan bakar yang masuk keruang bakar.


Gambar disamping adalah diagram durasi buka tutup valve dalam satu siklus, dimana durasi buka tutup valve tersebut diatur oleh camshaft (noken as). Dalam memangkas noken as kita harus berpedoman pada diagram tersebut, hanya saja kita tidak boleh terpaku pada angka-angka yang tertera pada gambar disamping, harus berani bereksperimen untuk menemukan setingan sesuai kebutuhan. Misalkan kebutuhan untuk drag race dan road race tentu sangat berbeda, apalagi jika untuk motor trail yang mementingkan torsi (torque) yang besar
.
Untuk mendapatkan durasi yang sesuai kebutuhan kita bisa memangkas noken as pada sisi nose. Tapi jika kita memangkas pada sisi nose maka valvelift atau tinggi bukaan katup akan berkurang sehingga mempengaruhi volume campuran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Tapi kita bisa mengatasi itu dengan cara memper besar ukuran valve. dengan diameter valve yang semakin besar maka kita juga harus mengatur ulang lubang intake dan exhausenya.

Ribet kan? Kalau gak mau ribet ya gak usah balapan!

11 komentar:

  1. sangat berguna informasinya

    BalasHapus
  2. maaf mas, saya mau tanya? apakah mungkin kita bisa mendapat hasil yang lebih baik dari pada menggunakan camshaft standar, jika kita memapas camshaft dengan durasi buka tutup valve yang sudah sangat optimal namun ukuran valve nya masih standar.
    mohon jawaban nya dan trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. maaf mas, saya mau tanya? apakah mungkin kita bisa mendapat hasil yang lebih baik dari pada menggunakan camshaft standar, jika kita memapas camshaft dengan durasi buka tutup valve yang sudah sangat optimal namun ukuran valve nya masih standar.
    mohon jawaban nya dan trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. waduh, rata2 memangkas noken as bukan di lobe atau tonjolannya. kalau memangkas di lobe, efisiensi volumetrik mesin malah jadi rendah, mesin lebih rendah tenaganya, akselerasi malah makin lemah. biasanya memangkas noken as di base circle, sehingga lift katup bisa ditambah, durasi bisa diatur, sehingga EV meningkat,

    BalasHapus
  5. Mapas noken as kok di tonjolanx,, ini info yg menyesatkan dan bikin orang awam tmbh bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bgt om.. emang udah melenceng ini infonya.

      Hapus
  6. Tuwas mocoku tenanan,jebul rodo sesat

    BalasHapus
  7. yg harus di jelasin scara singkat tu, harusnya tentang apa itu LSA, overlap, durasi. Apa efek tinggi rendahnya LSA. (Dan yg terpenting inti dari ngepras noken itu bukan biar noken jd enteng beban putaranya) tp untuk mencari, mengatur buka tutup klep yg tepat.

    BalasHapus
  8. yg harus di jelasin scara singkat tu, harusnya tentang apa itu LSA, overlap, durasi. Apa efek tinggi rendahnya LSA. (Dan yg terpenting inti dari ngepras noken itu bukan biar noken jd enteng beban putaranya) tp untuk mencari, mengatur buka tutup klep yg tepat.

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.