Jumat, Februari 18, 2011

Mobil Mungil Tenaga Hidrogen

Kemajuan teknologi begitu pesatnya bahkan jika kita memejamkan mata sedetikpun kita akan tertinggal jauh dibelakang, seperti contohnya anggapan tentang mobil mini
. Konon, mobil yang panjangnya kurang dari 11 kaki 6 inci tak akan mungkin bisa memenuhi standard keamanan. Tapi, tak semua orang setuju dengan hal tersebut.

Hugo Spowers, insinyur sekaligus entepreneur,
dengan Riversimple, bersama para ilmuwan dan insinyur, berambisi melahirkan mobil bertenaga hidrogen untuk diproduksi massal.

Kendaraan ini hasil perancangan ulang dari mobil konsep hidrogen yang lebih ada dengan badan yang lebih kecil. Rencananya pertengahan Februari 2011 purnarupanya sudah siap.

Hidrogen tidaklah murah, tapi Riversimple menyiasati dengan bentuk kecil dan ringan sehingga ongkosnya murah dan dampak lingkungannya kecil.

\"Kendaraan ini ditujukan untuk penggunaan lokal, radius 25 mil,\" kata Spowers. Masuk akal juga karena rencananya semua Riversimple cuma punya 1 SPBU yang dipasok oleh BOC, perusahaan terbesar pemasok gas industri di Inggris.

Kecepatan maksimalnya 80.46 km/jam, akselerasi 0-48 km/jam dalam waktu 5,5 detik dan tangki hidrogen 5.000 psi bisa untuk 386 km.

Mobil itu setara dengan kendaraan bermesin BBM yang menghabiskan 482 km per tangki. Emisi CO2 nya 34gram/km, bandingkan dengan diesel Smart yang lebih dari 100 gram/km.

2 komentar:

  1. Klo bisa pke foto nya, biar tau sperti apa objek nya.. Thanks

    BalasHapus

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.