Senin, Februari 02, 2009

Fuel Injeksi, apakah itu?

Saya tulis blog ini karna sering mendengar anggapan miring tentan Fuel Injeksi pd speda motor.
Akhir2 ini banyak produk2 sepeda motor berteknologi FI yang mulai dipasarkan di Indonesia, walau sbenarnya sistem FI sendiri sudah termasuk teknologi lawas, kalo manusia mungkin sudah punya anak 2.
Tapi kita memang slalu dihadapkan pada masalah pemahaman masyarakat tentang sistem FI.
Langsung saja kita mulai berkenalan dgn sistem FI,
Kita mulai dari sistem kerja FI.
Fuel injection system mengubah bahan bakar cair menjadi gas berdasarkan tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pompa injeksi bahan bakar.
Sedang Karburator mengubah bahan bakar cair menjadi gas berdasar perbedaan tekanan.
Kontrol perbandingan campuran: Perbandingan udara dan bahan bakar pd FI diatur menyesuaikan kondisi mesin, beban dan cuaca sekitar oleh Electronic Control Unit, sehingga konsumsi bahan bakar bisa dikontrol sesuai kebutuhan. Sedang pada sistem Karbu penyetelan dilakukan manual sehingga memerlukan setingan ulang di setiap kondisi, dan memerlukan alat tambahan seperti pompa akslerasi, coasting enricher dan TPS(Trotle Posision Sensor).
Dari segi perawatan:
FI relatif lebih ringan perawatanya karna komponen mekanisnya yg lebih sedikit.
Keunggulan2 FI:
1. Kontrol emisi gas buang relatif lebih baik
2. Efisiensi pembakaran lebih tinggi.
3. Perawatan lebih murah.
4. Perkembangan teknologi.
Jadi gak usah ragu untuk membeli speda motor dgn sistem Injeksi. Kalo sudah beli kan bisa pinjem :-).
Oke sekian pengenalan tentang Fuel Injection system. Posting berikutnya kita akan mengungkap misteri dibalik kedipan lampu di motor Yamaha V IXION. Tunggu ja yo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.