Minggu, Januari 16, 2011

Mobil Keluarga Produksi India

Produsen mobil asal India Tata Motors, segera meluncurkan nano versi diesel. Tipe baru ini menurut rencana akan meluncur ke pasaran internasional medio Agustus atau September 2011 nanti.

Mesin disel Nano berkapasitas 600-700 cc sama seperti Nano versi bensin, dan akan menggunakan 2 silinder dengan tubocharger dan rail system yang biasa.
Harga jual versi diesel nyaris sama atau lebih sedikit lebih murah dibanding nano versi bensin, yakni seharga 4000-4900 dolar AS atau sekitar Rp 40 sampai 50 juta, tentu sebelum pajak jika masuk Indonesia.
Untuk memproduksi mesin Nano, Tata bekerjasama dengan Honeywell yang akan mensuplai sistem turbo yang baru saja dikembangkan, dan ukurannya terkecil di dunia. Tata juga menggandeng Bosh untuk mensuplai sistem common rail direct injection (CRDi).

Tata sebenarnya berecana meluncurkan versi diesel bersamaan dengan versi bensin, namun ada kendala pada fasilitas produksi yang dipindahkan dari Singur ke Sanand di Gujarat.
Permintaan untuk kendaraan diesel cukup tinggi di India, ini terbukti dari panjangnya daftar antrian pembeli untuk Suzuki Swift, Dzire dan Ford Figo. Bahkan Honda pun tertarik untuk memproduksi versi diesel untuk pasar India. (autoevolution/MLA)Sumber berita: lintas-oto.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.