Minggu, Januari 30, 2011

PERKEMBANGAN MOBIL TENAGA SURYA

Menyadari semakin menipisnya cadangan minyak dunia serta untuk meredam pencemaran lingkungan, kini banyak usaha untuk menciptakan bahan bakar alternatif yang bisa diperbaharui serta ramah lingkungan.
salah satunya pengaplikasian tenaga surya untuk kendaraan. Sebenarnya ini bukan hal baru tapi dari hari ke hari perkembangan mobil tenaga surya sangat menggembirakan atau setidaknya bisa memberi harapan.
Bahkan sebuah mobil bertenaga surya yang dirancang oleh para mahasiswa dari Universitas New South Wales (UNSW) Australia telah memecahkan rekor dunia kecepatan mobil bertenaga surya, yaitu 88 km/jam.

Mobil yang bernama "Sunswift" mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 79 km/jam sewaktu uji coba kecepatan resmi pada Jumat di landasan terbang Pangkalan Angkatan Laut HMAS Albatros di Nowra, Australia selatan yang melaju pada kecepatan lebih dari 88 km/jam, sebagaimana dikutip dari CIHAN.

Mobil tenaga surya tersebut juga terkenal dengan nama Sunswift Ivy yang dirancang dan dirakit di Universitas New South Wales. Mobil ini menghasilkan tenaga listrik sekitar 1.200 watt yang menyamai kekuatan sebuah pemanggang roti.

"Kami amat gembira dengan hal itu, kami telah memecahkan rekor," kata manajer proyek Sunswift, Daniel Friedman.

Hal yang penting dari mobil ini adalah tenaga yang khusus dihasilkan oleh sel silikon tenaga surya. Ivy biasanya menggunakan selnya untuk mengisi sebuah baterai seberat 25 kilogram, namun baterai itu telah dipindahkan bagi pencapaian rekor.

Juri dari "Guinness World Book of Records" hadir pada pengujian tersebut dan telah menyerahkan sertifikat rekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang mau komentar, kritik, saran atau mau ngasih makanan dipersilahkan.